1-2

Wajib Tahu! Inilah Cara Pemberian Kolostrum Pada Pedet

Kolostrum adalah cairan kental pertama yang dihasilkan oleh kelenjar susu sapi setelah melahirkan. Cairan ini berfungsi vital untuk pedet (anak sapi) yang baru lahir karena mengandung zat gizi dan antibodi yang esensial untuk mendukung pertumbuhan dan kekebalan tubuh pedet. Pemberian kolostrum pada pedet yang tepat dan segera setelah kelahiran sangat penting untuk kesejahteraan pedet dan kesuksesan pengelolaan ternak jangka panjang.

Manfaat Pemberian Kolostrum Pada Pedet:

  • Kandungan Nutrisi

Kolostrum kaya akan protein, lemak, vitamin, dan mineral yang penting untuk pertumbuhan pedet.

  • Antibodi

Salah satu manfaat terbesar dari kolostrum adalah kandungan immunoglobulinnya (IgG, IgA, dan IgM). Antibodi-antibodi ini membantu pedet dalam melawan infeksi dan penyakit pada tahap-tahap awal kehidupan.

  • Faktor Pertumbuhan

Kolostrum mengandung faktor pertumbuhan yang mendukung perkembangan saluran pencernaan dan sistem kekebalan tubuh pedet.

Hal Penting dalam Pemberian Kolostrum pada Pedet:

Berikut beberapa hal penting dalam pemberian kolostrum pada pedet :

  1. Waktu

Sebaiknya berikan kolostrum segera setelah pedet lahir, idealnya dalam 2 jam pertama. Semakin cepat pedet mendapatkan kolostrum, semakin efektif penyerapan antibodinya.

  1. Kuantitas

Berikan sekitar 10% dari berat badan pedet. Untuk pedet berukuran rata-rata, ini sekitar 2-4 liter kolostrum pada pemberian pertama.

  1. Kualitas

Gunakan kolostrum yang berasal dari induknya sendiri atau dari sapi lain yang baru melahirkan. Pastikan kolostrum bebas dari penyakit dan telah disimpan dengan baik jika tidak diberikan segera setelah diperas. Untuk memeriksa kualitasnya dapat menggunakan refraktometer untuk menilai kualitas kolostrum berdasarkan kandungan IgG-nya.

  1. Metode Pemberian

Pemberian kolostrum dapat dilakukan secara alami melalui induk atau menggunakan botol khusus jika induk tidak bisa menyusui atau ada alasan lain yang menghalangi proses penyusuan.

  1. Manajemen Penyimpanan Kolostrum

Kolostrum bisa disimpan di dalam freezer untuk digunakan di kemudian hari. Jika Anda memutuskan untuk membekukannya, pastikan untuk mencatat tanggal pengumpulan dan gunakan kolostrum tertua terlebih dahulu. Saat mencairkan, hindari pemanasan langsung agar antibodi tidak rusak.

Itulah informasi mengenai pemberian kolostrum pada pedet yang perlu diketahui setiap peternak. Kini anda sudah memahami metode pemberian kolostrum yang tepat untuk pedet.Mari terus amati dan dampingi pedet anda sampai tumbuh menjadi sapi yang prima. Semangat Peternakan!

Comments are closed.